WELCOME



Sunday 9 November 2014

Peduli lingkungan sekitar

nah guys gw kali ini mau bahas tentang seputar lingkungan donk yang jelas, sebelum masuk ke topik ada sedikit info juga bisa di bilang kritik buat anak muda jaman sekarang. mau tau knp? ok ku kasih tau kadang tanpa sadar kita terutama anak muda zaman sekarang membuang sampah sembarangan itu biasa terkadang jika mereka di tanya ini kenapa kamu buang sampah pasti ada saja  buat ngeles alasannya sih,  kalau nggak bilang "tempat sampahnya penuh" kalau nggak alasannya "nggak ada tempat sampah" dan masih banyak lagi alasan yang lainnya wkwkwk.
padahal ada tulisannya "BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA" dan di bawahnya ada tempat sampah ehhh malah di buang sembarangan, duarrr. nah itu semua sekilas pendapat gw yang pernah gw liat tp nggak semua kayak gitu sih.



tapi gw kali ini bukan mau bahas orang orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya tapi gw kali ini mw bahas tentang orang atau kelompok yang peduli terhadap lingkungannya meskipun dimulai dari hal kecil contohnya : buang sampah di tempatnya, dll.


sebenarnya ada banyak kategori nya. misalkan penghargaan yang diberikan untuk kota yang bersih, dan juga ada penghargaan untuk seorang individu atau kelompok. mungkin itu bukan hadiah uang tapi piala itu sebagai bentuk terima kasih dari pemerintah untuk mereka yang peduli akan keselamatan lingkungannya.


tapi kali ini gw mau bicarain tentang penghargaan yang di berikan kepada individu atau kelompok yang peduli akan keselamatan lingkungannya nah kalian tau gk tu apa namanya? hayoo... biar gk panjang ku kasih tau namanya Kalpataru.


definisi dari kalpataru :
Kalpataru adalah penghargaan di bidang lingkungan hidup yang diberikan kepada individu atau kelompok yang berjasa dalam usaha pelestarian lingkungan hidup. Penerima penghargaan kalpataru dikelompokkan dalam empat kategori yaitu perintis lingkungan, pengabdi lingkungan, penyelamat lingkungan, dan pembina lingkungan.



kalpataru itu sendiri dibagi menjadi 4 kategori pada tau gak ni?
biar kalian tau dan nambah wawasan ku ksih tau deh
  1. Perintis Lingkungan, diberikan kepada warga masyarakat, bukan pegawai negeri dan bukan pula tokoh dari organisasi formal, yang berhasil merintis pengembangan dan melestarikan fungsi lingkungan hidup secara menonjol luar biasa dan merupakan kegiatan baru sama sekali bagi daerah atau kawasan yang bersangkutan.
  2. Pengabdi Lingkungan, diberikan kepada petugas lapangan (Penyuluh Lapangan Penghijauan, Petugas Penyuluh Lapangan, Petugas Lapangan Kesehatan, Jagawana, Penjaga Pintu Air, dll) dan atau pegawai negeri (termasuk PNS, TNI, Polri, PPLH, PPNS, guru) yang mengabdikan diri dalam usaha pelestarian fungsi lingkungan hidup yang jauh melampaui kewajiban dan tugas pokoknya serta berlangsung cukup lama.
  3. Penyelamat Lingkungan, diberikan kepada kelompok masyarakat, baik informal (kelompok masyarakat adat, kelompok tani, kelompok masyarakat desa, komunitas adat, rukun warga, paguyuban, karangtaruna, dll) maupun formal (lembaga swadaya masyarakat, badan usaha, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, koperasi, asosiasi profesi, organisasi kepemudaan, dan lain-lain) yang berhasil melakukan upaya-upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup atau pencegahan kerusakan dan pencemaran (penyelamatan) lingkungan hidup.
  4. Pembina Lingkungan, diberikan kepada pejabat, pengusaha, peneliti, atau tokoh masyarakat yang berhasil dan punya prakarsa untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan memebri pengaruh untuk membangkitkan kesadaran lingkungan serta peran masyarakat guna melestarikan fungsi lingkungan hidup, dan atau berhasil menemukan teknologi baru yang ramah lingkungan, seperti pejabat, pendidik, budayawan, seniman, wartawan, peneliti, pengusaha, manager, tokoh lembaga swadaya masyakat, tokoh agama, dan lain-lain.


sekian dulu deh tentang penghargaan kalpataru yang di berikan untuk individu dan kelompok yang memperdulikan lingkungan kita. mungkin kalau di pikir pikir gak ada mereka mungkin negara kita dah jadi negara sampah. bisa di bilang mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, thanks guys yang dah  mau baca artikel gw.

4 comments:

  1. kapan bisa dpt penghargaan bgtu xD

    ReplyDelete
  2. masih banyak masyarakat yg belum sadar sih akan pentingnya lingkungan :)

    ReplyDelete
  3. manteppp infonya (y)

    ReplyDelete
  4. niceee infoooo :D


    mampir juga yuk ke blog kita, makanan nya enak enak lhooo
    http://cheapdinning.blogspot.com/

    ReplyDelete