WELCOME



Saturday 1 November 2014

Lingkungan Sekolahku


Kita hidup tidak hanya dengan manusia. Namun kita memiliki lingkungan yang selalu ada di sekitar kita. Seperti di lingkungan rumah, masyarakat, maupun sekolah. Lingkungan perlu adanya pengelolaan yang baik dan benar agar lingkungan menjadi bersih, indah dilihat, dan nyaman ketika kita berada di lingkungan itu. Lingkungan yang akan saya singgung pada kesempatan kali ini adalah lingkungan di sekolah.


Sekolah suatu tempat yang sangat penting bagi para murid. Di tempat inilah murid dapat mencari ilmu sebanyak mungkin untuk bekal di kemudian hari. Namun di sekolah murid tidak hanya mempunyai kewajiban untuk belajar. Namun perlu ikut seta dalam mengelola lingkungan sekolah. Kenapa mereka juga harus ikut mengelola sekolah? Ini karena mereka sekolah. Dan pastilah di sekolah juga mempunyai lingkungan. Lingkungan ini juga mempengaruhi kepada murid. Baik di dalam belajar maupun di mata orang lain.

Kalau lingkungan kotor, pasti pada saat belajar menjadi tidak nyaman karena banyak sampah yang berserakan dan menimbulkan bau yang tidak enak. Dan di mata orang lain yang melihat, pasti mereka berfikir yang sekolah di lingkungan itu anak-anak yang ceroboh. Dan jelasnya kalau ada murid yang mendengar seperti itu apa yang terjadi? Mereka akan marah dan sakit hati padaorang itu. Namun apa yang akan murid itu lakukan setelah itu? Ya kalau yang sadar akan kebersihan pasti akan mau berubah. Tapi kalau tidak punya kesadaran, mereka akan tetap seperti dulu dengan rasa sakit hati dari pembicaraan orang lain.


Kita sekarang berfikir bagaimana kalau lingkungan kita bersih.Apa yang akan kita  rasakan saat itu. Kita akan merasa senang bersekolah  karena  lingkungan yang  bersih. Belajar menjadi semakin  bersemangat. Lingkungan sekolah yang sejuk. Dan hal yang indah lainnya.Orang lain pun akan menilai yang bersekolah di lingkungan itu murid2 yang cinta pada lingkungannya. Dan para orang tua akan senang bila anak2nya bersekolah disitu. Itu akan membuat sekolah semakin banyak yang berminat masuk dan bisa saja sekolah itu mendapat piagam lingkungan bersih dari pemerintah. Bisa sajakan?


Wow, kalau sekolahan kita seperti itu hebat sekali. Kalau guru masuk kelas tidak marah pada murid karena kelas bersih. Guru tidak usah marah lagi dengan murid yang buang sampah sembarangan karena sudah tidak ada lagi yang seperti itu. Tanaman di sekolah lebih indah di lihat karena para murid ikut merawat tanaman itu. Bukankah itu akan menyenangkan dan membuat kita terpandang baik?. Maka dari itu lingkungan sekolah harus dikelola dengan baik. Tidak hanya para guru dan tukang kebun yang aktif. Namun kita para murid juga harus aktif. Mulailah dari hal yang sederhana. Kalau habis jajan sampah plastik di buang pada tempat sampah yang sudah tersedia. Mematuhi jadwal piket kelas agar pada saat pembelajaran tidak terganggu dengan piket karena kelas kotor. Tidak merusak tanaman yang ada di sekolah. Tidak menginjak rumput yang memang rumput itu disediakan untuk memberi keindahan sekolah. semakin banyak tanaman yang ada, semakin kita merasa sejuk seperti di desa walau sebenarnya kita di kota. Perlu adanya penanaman di sekolah. Dan mulai merawat tanaman. Setiap pagi kita ikut menyirami tanaman. Mencabuti rumput2 yang mengganggu pemandangan pada tanaman itu. Pasti akan terasa senang kalau hal itu terjadi.


Namun, semua itu tidak bisa terjadi begitu saja dengan cepat. Kita perlu waktu untuk membiasakan hal itu. Perlu adanya kesadaran yang lebih tinggi untuk melakukan hal itu. Harus adanya jiwa pecinta lingkungan. Untuk itu para guru sering menasehati murid untuk membuang sampah sembarangan dan menghimbau untuk mentaati jadwal piket. Para guru juga mengadakan acara seminar yang membahas tentang lingkungan yang sehat agar para murid mau melakukan perubahan untuk mengelola lingkungan sekolah yang baik dan benar.

Lingkungan yang bersih membuat kita senang. Membuat para guru juga bangga memiliki murid yang cinta pada lingkungan. Maka ayo kita mengelola lingkungan dengan baik di manapun kita berada. Terutama di sekolah tempat menimba ilmu. Sadari lah bahwa adanya global warming. Karena pemanasan ini kita jadi bingung musim hujan kapan, musim kemarau kapan. Ini karena sedikitnya penghijauan. Maka dari sekolah kita menanam dan kita bawa ke lingkungan rumah dan masyarakat agar di manapun kita berada, akan terasa nyaman.



4 comments:

  1. Pro Banget Ini Orang maen gitar :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. stuju bgt..yg nggak kalah penting jg kebersihan kamar mandi skolahan..pengalaman toilet skolah sering bau pesing n ga di siram..
    mgkin toilet skolah dkasih penjaga kayak di mall..

    ReplyDelete